Selasa, 08 Oktober 2013

LINGKUNGAN PEMASARAN



FUNGSI PEMASARAN
Pemasaran memilki arti yang berbeda-beda. Berikut adalah beberap pendapat tentang pemasaran:
·         Kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
·         Menurut Stanton, pemasaran meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan kegiatan untuk merencanakan dan menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli, baik yang aktual maupun potensial.
·          Menurut Griffin dan Ebert, pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi dari gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan perseorangan atau organisasi.
·          Menurut American Marketing Asociation, pemasaran merupakan pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Inti dari pemasaran:
·         Kebutuhan : Keadaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu seperti makanan dan pakaian adalah dasar dalam suatu pemasaran.
·         Keinginan : Kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi sesorang.
·         Permintaan: Keinginan atau kebutuhan manusia yang didukung oleh daya beli.
·         Produk : sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan maupun dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan.
Produsen perlu mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para konsumen, kemudian menyediakan produk yang sedekat mungkin dengan pemuasan keinginan tersebut. Dalam kaitannya dengan tingkat pemuasan keinginan, terdapat tiga tingkat pemuasan, yaitu :
·         Tidak ada pemuasan keinginan
·         Pemenuhan kepuasan sebagian
·         Pemenuhan lengkap/ penuh.

Pertukaran :  Kegiatan memperoleh barang maupun jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai imbalannya.
Transaksi : Transaksi mengandaikan adanya nilai-nilai yang dipertukarkan diantara dua pihak. Transaksi melibatkan sedikitnya dua barang atau jasa yang bernilai, syarat-syarat yang disepakati, waktu kesepakatan dan tempat kesepakatan.
Pasar : Konsep transaksi mengarah pada konsep pasar. Pasar adalah himpunan pembeli yang nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.
LINGKUNGAN PEMASARAN
Lingkungan Mikro : Berbagai kekuatan yang dekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pelanggan yaitu perusahaan, pemasok, perusahaan saluran pemasaran, pasar pelanggan, pesaing dan masyarakat.
Lingkungan Makro : Kekuatan masyarakat lebih luas yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro : demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik dan budaya.
Manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perencanaan dan implementasi serta pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan organisasi.
Manajer Pemasaran : Orang yang bertanggung jawab dalam perencanaan dan pelaksanaan seluruh kegiatan pemasaran yang menghasilkan transfer barang atau jasa kepada konsumennya.
Rencana Pemasaran : Strategi rinci yang terfokus untuk mengarahkan bauran pemasaran agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Pesaing : Didalam lingkungan persaingan yang ketat tenaga pemasaran / marketing harus meyakinkan para pembeli atau konsumen untuk membeli produk mereka bukan produk yang dijual oleh penjual lain. Ada tiga tipe persaingan antara lain :
·         Persaingan merek : Persaingan yang didasarkan pada persepsi atau pandangan konsumen mengenai manfaat produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Contoh : teh botol, frestea  dll
·         Produk Substitusi : Produk yang berebeda dari produk pesaing tetapi dapat mengisi kebutuhan yang sama. Contoh : Minuman Aqua, Teh botol, Sprite.
·         Persaingan Internasional: Persaingan antara produk-produk domestic atau dalam negeri terhadap produk luar negeri. Contoh: sepatu buatan cibaduyut dan sepatu Nike dll.
Suppliers / Pemasok : Pemasok menyediakan sumber daya yang diperlukan perusahaan untuk menghasilkan barang atu jasa. Manajer pemasaran harus mengawasi segal kemungkinan yang terjadi seperti ketersediaan pasokan, penundaan pemasokan, pemogokan tenaga kerja hingga kenaikan harga pasok yang bisa memaksa perusahaan menaikkan harga.
Marketing Channel / Perantara Pemasaran : Perantara peamsaran yang membantu perusahaan mempromosikan serta menjua produk pada konsumen terakhir.  Contoh: Agen/pedagang besar, pengecer.
Lingkungan Politik dan Hukum: Kegiatan politis dalam negri maupun luar negri tela mempengaruhi dunia usaha.
Lingkungan Sosial dan Budaya  : Karena semakin banyak orang yang berkantor di rumah dan semakin banyak orang yang memilih makanan dan kegiatan fisik mencerminkan semakin meningkatnya kepedulian terhadap gaya hidup sehat dan oleh karena berbagai faktor yang lain mendorong tenaga kerja pemasaran untuk memeperbaiki cara-cara melakukan bisnis yaitu  dengan cara mengembangkan dan mempromosikan produk baru pada konsumen.
Lingkungan Teknologi :  Teknologi baru mempengaruhi pemasaran karena teknologi menciptakan barang dan jasa baru.
Lingkungan Ekonomi :  Kondisi perekonomian mempengaruhi setiap rencana pelaku pemasaran produk dan  menentukan pola pengeluaran konsumen, dunia usaha, serta pemerintahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar