Senin, 09 Desember 2013

Membuat Label pada Open Office



Cara membuat label melalui Open Office Writer
1. Pertama, buka open office writer, kemudian pilih File > New > Labels. Set nilainya sesuai gambar dibawah ini, lalu klik save.

 

2. Klik tombol save. Isilah namanya sesuai dengan yang tertera pada gambar dibawah ini, kemudian klik OK. Setelah itu klik
 


3. Klik new Document. Maka hasilnya adalah sebagai berikut:
 


4. Selanjutnya adalah mempersiapkan satu file Calc, seluruh daftar nama dan alamatnya seperti gambar dibawah ini.



5. Setelah itu kembali lagi ke dalam file yang kita buat dalam open office writer. Lalu klik menu Tools and Mail merge Wizard.
 


6. Klik next
 


7. Klik next
 

8. Menuju step yang ke 3, yakni  insert address Block, lalu klik select address list, lalu klik tombol add dan pilih file yang berisi alamatnya,
   
9. Klik OK, lalu klik cancel
 
10. Klik Menu View Data Source kemudian klik kiri pada text Sheet1, lalu pilih Tables, setelah itu pilih Sheet1
 


11. Klik dan Drag kolomnya ke kotak label di bawahnya
 



12. Simpan line kursor di bawah ALAMAT .Lalu pilih dan klik menu Insert > Fields > Other. Pilih tab   database. Lalu pilih Next Record, kemudian klik insert, lalu klik close.
 

13. Copy paste ke kotak kotak yang ada disebelahnya sehingga hasilnya adalah sebagai berikut:
 

14. Untuk melihat hasilnya, klik menu Tools > Mail Merge Wizard. Klik Save, Print, or send seperti gambar dibawah ini. Lalu seteproses finish, klik tombol save starting document, lalu klik tombol finish 

  
15. Hasilnya adalah sebagai berikut:
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar