Senin, 30 Desember 2013

Manajemen Produksi

Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.
Tujuan Produksi adalah memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran dapat tercapai jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi. Orang atau perusahaan yang menjalankan suatu proses produksi disebut Produsen.
Manajemen produksi merupakan suatu usaha untuk mengatur dan mengkoordinasi berbagai sumber daya yang ada, seperti manusia, alat, dana, dan bahan secara efektif dan efisien, yang bertujuan untuk meningkatkan nilai guna atau menciptakan suatu barang atau jasa.
Faktor produksi adalah sumber daya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang dan jasa. Pada awalnya, faktor produksi dibagi menjadi empat kelompok, yaitu :
·         tenaga kerja
·          modal
·          sumber daya alam
·          kewirausahaan.
Namun pada perkembangannya, faktor sumber daya alam diperluas cakupannya menjadi seluruh benda tangible, baik langsung dari alam maupun tidak, yang digunakan oleh perusahaan, yang kemudian disebut sebagai faktor fisik (physical resources).

Ada 3 jenis produksi, yaitu:

a.       Produksi terus-menerus atau Continous processes
 Dilakukan sebagai proses untuk mengubah bentuk barang-barang walaupun terjadi perubahan bentuk barang-barang tetapi tidak mengubah susunan dan fungsi alat-alat mesin proses ini menghasilkan produk yang standar (massal)
b.      Produksi yang terputus-putus atau Intermettent processes
 Dilakukan berdasarkan pesanan sehingga harus mengatur kembali alat-alat dan penyesuaian terus-menerus.
c.       Proses produksi campuran
Proses produksi ini merupakan penggabungan dari proses produksi terus-menerus dan terputus-putus. Penggabungan ini digunakan berdasarkan kenyataan bahwa setiap perusahaan berusaha untuk memanfaatkan kapasitas secara penuh.

Beberapa jenis teknik produksi:

a.      Proses Analisis

Proses Analisis merupakan proses memilah barang mentah dengan barang yang sejenisnya.


b.      Proses Ekstraktif

Proses ekstraktif adalah suatu proses produksi yang berlangsung dengan cara pengambilan langsung bahan baku dari alam yang tersedia.

c.        Proses Sintetis

Proses sintetis merupakan proses penggabungan, pencampuran, atau pengkombinasian bahan ke dalam suatu produk.

d.      Proses Pengubahan (Fabrikasi)

Proses fabrikasi atau pengubahan merupakan proses mengubah barang mentah menjadi barang yang siap pakai, biasanya menggunakan alat seperti mesin, dan hasil keluaran (output) dapat bervariasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar