Senin, 20 Maret 2017

Review Jurnal ke 2 ( Perkembangan Akuntansi Internasional)


Nama           : Esther Marietha

Kelas            : 4EB23

NPM             : 29213817





Nama Penulis : Rindu Rika Gamayuni

Judul Jurnal : Perkembangan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia Menuju International Financial Reporting Standars

Tanggal Jurnal : Juli 2009

Hasil Penelitian : Standar Akuntansi Keuangan Indonesia perlu mengadopsi IFRS karena kebutuhan akan info keuangan yang bisa diakui secara global untuk dapat bersaing dan menarik investor secara global.

Kesimpulan : Saat ini, adopsi yang dilakukan oleh PSAK Indonesia sifatnya adalah harmonisasi, belum adopsi secara utuh, namun indonesia mencanangkan akan adopsi seutuhnya IFRS pada tahun 2012. Adopsi ini wajib diterapkan terutama bagi perusahaan publik yang bersifat multinasoinal, untuk perusahaan non publik yang bersifat lokal tidak wajib diterapkan.

Pendapat mengenai jurnal :

Perlu dipertimbangkan lebih jauh lagi sifat adopsi apa yang cocok diterapkan diIndonesia, apakah adopsi secara penuh IFRS atau adopsi IFRS yang bersifat harmonisasi yaitu mengadopsi IFRS disesuaikan dengan kondisi ekonomi, politik, dan sistem pemerintahan di Indonesia. Adopsi secara penuh IFRS akan meningkatkan keandalan dan daya banding informasi laporan keuangan secara internasional, namun adopsi seutuhnya akan bertentangan dengan sistem pajak pemerintahan Indonesia atau kondisi ekonomi dan politik lainnya. Hal ini merupakan rintangan dalam adopsi sepenuhnya IFRS di Indonesia.  Jurnal tersebut sudah cukup penjelasannya hanya saja dalam jurnal tersebut tidak memuat tujuan serta metode salam melakukan penelitian, hal tersebut di sayangkan karna tidak dengan adanya komponen tersebut para pembaca akan merasa bertanya Tanya dan tidak cukup puas dalam membaca jurnal tersebut.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar