Jumat, 29 November 2013

LINGKUNGAN PERUSAHAAN

 
Pengertian Perusahaan


Perusahaan adalah suatu organisasi yang dibentuk oleh seseorang atau kelompok dengan kegiatan menyediakan suatu jasa dan menghasilkan barang serta mendistribusikannya, dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan untuk mendapatkan atau memperoleh laba.
Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
Tempat Kedudukan Perusahaan adalah tempat dimana suatu kantor pusat perusahaan didirikan. Sedangkan, Letak Perusahaan adalah tempat dimana suatu perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari, hal ini mencakup kantor pusat dan cabang perusahaan tersebut.
Pemilik perusahaan atau pihak yang terkait haruslah benar dan tidaklah coba-coba dalam menentukan tempat kedudukan dan letak perusahaan yang akan didirikan. Karna hal ini akan berpengaruh terhadap kegiatan perusahaan.  
Letak perusahaan dibedakan menjadi 4, antara lain :
1. Letak perusahaan berdasarkan sejarah
Letak perusahaan berdasarkan sejarah lokasi tersebut.
Contoh : Kerajinan Batik di Yogyakarta dan Pekalongan, pada zaman dahulu seni membatik dilakukan oleh para wanita kraton.
2. Letak perusahaan yang ditetapkan pemerintah
Perusahaan yang didirikan atas dasar pertimbangan, keamanan, politik, dan kesehatan agar kegiatan perusahaan tidak mengganggu lingkungan sekitar.
Contoh : Perusahaan kimia harus dibangun jauh dari pemukiman penduduk agar limbah perusahaan tersebut tidak berdampak langsung kepada penduduk tersebut.
3.  Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Jenis perusahaan ini umumnya bersifat industry. Beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu ketersediaan bahan baku, tanaga air, tenaga kerja, modal, transportasi, kedekatan dengan pasar, dan kesesuaian iklim.
4. Letak perusahaan yang terkait dengan alam
Maksudnya adalah letak perusahaan tidak dapat ditentukan oleh manusia karna terkait dengan alam.
Contoh : Pertambangan. Tidak mungkin jika pusat pertambangan kita pindahkan ke   Jakarta, karna tidak ada tempat untuk menampungnya.
Fungsi-fungsi Perusahaan
1.    Fungsi Operasi
Fungsi yang menyangkut segala kegiatan perusahaan seperti kegiatan produksi, pembelian, distribusi, administrasi, dan lainnya.
2.    Fungsi Manajemen
Fungsi Manajemen adalah fungsi yang menyangkut tentang perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengarahan.

Ciri-ciri Perusahaan
1.    Operatif
Adanya aktifitas ekonomi berkenaan dengan kegiatan produksi, distribusi, serta menyediakan barang atau pun jasa.
2.    Kordinatif
Adanya kordinasi antar semua pihak perusahaan agar saling mendukung dan membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.
3.    Regular
Adannya suatu peraturan untuk mencapai kesinambungan perusahaan agar dapat selalu bergerak maju.
4.    Dinamis
Perusahaan harus mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan, maka dari itu perusahaan dituntut untuk berinovasi.
5.    Formal
Setelah memenuhi persyaratan pendirian, perusahaan haruslah tunduk kepada peraturan yang berlaku.
6.    Lokasi
Perusahaan didirikan di tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar