FUNGSI PEMASARAN
Pemasaran memilki arti yang
berbeda-beda. Berikut adalah beberap pendapat tentang pemasaran:
·
Kotler, pemasaran adalah kegiatan
manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
·
Menurut Stanton, pemasaran meliputi
seluruh sistem yang berhubungan dengan kegiatan untuk merencanakan dan
menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa
yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli, baik yang aktual maupun potensial.
·
Menurut Griffin dan Ebert, pemasaran adalah
proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan
distribusi dari gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang
memuaskan tujuan perseorangan atau organisasi.
·
Menurut American Marketing Asociation,
pemasaran merupakan pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus
aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Inti dari pemasaran:
·
Kebutuhan :
Keadaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu seperti makanan dan pakaian
adalah dasar dalam suatu pemasaran.
·
Keinginan :
Kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi sesorang.
·
Permintaan:
Keinginan atau kebutuhan manusia yang didukung oleh daya beli.
·
Produk : sesuatu
yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki,
digunakan maupun dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan.
Produsen perlu mengetahui apa
yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para konsumen, kemudian menyediakan produk
yang sedekat mungkin dengan pemuasan keinginan tersebut. Dalam kaitannya dengan
tingkat pemuasan keinginan, terdapat tiga tingkat pemuasan, yaitu :
·
Tidak ada pemuasan
keinginan
·
Pemenuhan kepuasan
sebagian
·
Pemenuhan lengkap/
penuh.
Pertukaran :
Kegiatan memperoleh barang
maupun jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai
imbalannya.
Transaksi : Transaksi
mengandaikan adanya nilai-nilai yang dipertukarkan diantara dua pihak.
Transaksi melibatkan sedikitnya dua barang atau jasa yang bernilai,
syarat-syarat yang disepakati, waktu kesepakatan dan tempat kesepakatan.
Pasar
: Konsep
transaksi mengarah pada konsep pasar. Pasar adalah himpunan pembeli yang nyata dan
pembeli potensial atas suatu produk.
LINGKUNGAN
PEMASARAN
Lingkungan Mikro : Berbagai
kekuatan yang dekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk
melayani pelanggan yaitu perusahaan, pemasok, perusahaan saluran pemasaran,
pasar pelanggan, pesaing dan masyarakat.
Lingkungan
Makro : Kekuatan masyarakat lebih luas yang mempengaruhi seluruh
lingkungan mikro : demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik dan budaya.
Manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perencanaan dan
implementasi serta pengendalian dari program-program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan
pembeli untuk mencapai tujuan organisasi.
Manajer
Pemasaran : Orang yang bertanggung jawab dalam
perencanaan dan pelaksanaan seluruh kegiatan pemasaran yang menghasilkan
transfer barang atau jasa kepada konsumennya.
Rencana
Pemasaran : Strategi rinci yang terfokus untuk
mengarahkan bauran pemasaran agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen.
Pesaing
: Didalam
lingkungan persaingan yang ketat tenaga pemasaran / marketing harus meyakinkan
para pembeli atau konsumen untuk membeli produk mereka bukan produk yang dijual
oleh penjual lain. Ada tiga tipe persaingan antara lain :
·
Persaingan merek : Persaingan yang
didasarkan pada persepsi atau pandangan konsumen mengenai manfaat produk yang
ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Contoh : teh botol, frestea dll
·
Produk Substitusi : Produk yang
berebeda dari produk pesaing tetapi dapat mengisi kebutuhan yang sama. Contoh :
Minuman Aqua, Teh botol, Sprite.
·
Persaingan Internasional: Persaingan
antara produk-produk domestic atau dalam negeri terhadap produk luar negeri. Contoh:
sepatu buatan cibaduyut dan sepatu Nike dll.
Suppliers
/ Pemasok : Pemasok menyediakan sumber daya yang
diperlukan perusahaan untuk menghasilkan barang atu jasa. Manajer pemasaran
harus mengawasi segal kemungkinan yang terjadi seperti ketersediaan pasokan,
penundaan pemasokan, pemogokan tenaga kerja hingga kenaikan harga pasok yang bisa
memaksa perusahaan menaikkan harga.
Marketing
Channel / Perantara Pemasaran : Perantara peamsaran yang membantu
perusahaan mempromosikan serta menjua produk pada konsumen terakhir. Contoh: Agen/pedagang besar, pengecer.
Lingkungan
Politik dan Hukum: Kegiatan politis dalam negri maupun
luar negri tela mempengaruhi dunia usaha.
Lingkungan
Sosial dan Budaya : Karena
semakin banyak orang yang berkantor di rumah dan semakin banyak orang yang
memilih makanan dan kegiatan fisik mencerminkan semakin meningkatnya kepedulian
terhadap gaya hidup sehat dan oleh karena berbagai faktor yang lain mendorong
tenaga kerja pemasaran untuk memeperbaiki cara-cara melakukan bisnis yaitu dengan cara mengembangkan dan mempromosikan
produk baru pada konsumen.
Lingkungan
Teknologi : Teknologi baru mempengaruhi pemasaran karena teknologi
menciptakan barang dan jasa baru.
Lingkungan
Ekonomi : Kondisi perekonomian mempengaruhi
setiap rencana pelaku pemasaran produk dan menentukan pola pengeluaran konsumen, dunia
usaha, serta pemerintahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar