1. Langkah pertama dalam membuat mail merge adalah membuat dokumen
atau surat yang nantinya ingin kita gunakan untuk membuat mail merge.
2. Setelah surat kita buat maka langkah selanjutnya adalah memilih menu
tools > mail merge wizard
4. Selanjutnya pada menu type document, pilih letter lalu klik next.
5. Memilih data source yang telah kita miliki sebelumnya dengan mengklik “select different address list” atau “select address list”
6. Kemudian muncul jendela pilihan address list yang akan kita gunakan. Lalu klik Create.
3. Selanjutnya, pilih use current document
lalu klik next
4. Selanjutnya pada menu type document, pilih letter lalu klik next.
5. Memilih data source yang telah kita miliki sebelumnya dengan mengklik “select different address list” atau “select address list”
6. Kemudian muncul jendela pilihan address list yang akan kita gunakan. Lalu klik Create.
7. Kemudian
muncul tampilan new address list, lalu klik tombol customize.
8. Setelah
itu akan muncul Customize address list. Kemudian klik delete hingga semuanya
terhapus.
9. Setelah
address list elementsnya di delete semua,
lalu klik customize.
10. Setelah
itu akan muncul jendela elements Add Elements, lalu klik Add.
11.
Lalu ketikkan nama, alamat dan kota di kotak Add Element secara satu
persatu.
Setelah itu klik Add. Setelah selesai membuat element klik OK.
12. Kemudian muncul jendela select address list,
klik OK.
13. Setelah itu, akan muncul jedela save as,
lalu klik ok.
14. Setelah
itu, maka akan muncul jendela insert address block
15. Selanjutnya adalah menetukan field yang ingin anda gunakan.
Untuk menyesuaikan urutan field, maka yang perlu anda lakukan adalah menekan
tombol atas, bawah, kanan, kiri pada jendela dialog. Apabila anda belum
menyesuaikan atau menentukan field maka akan terdapat tulisan <not matched
yet> yang artinya belum selesai.
16. Setelah field telah ditentukan, maka akan muncul gambar
sebagai beikut, lalu klik ok
17. Selanjutnya akan muncul gambar sebagai berikut:
18. Langkah selanjutnya adalah menentukan format address block.
Klik more untuk menentukan format alamat yang akan tampil sesuai dengan yang
anda inginkan. Jika anda mengklik tombol more, maka akan muncul tampilan seperti
dibawah ini. Selanjutnya adalah klik new.
19. Langkah selanjutnya adalah menentukan field pada wizard dengan
cara mengklik match field, maka akan muncul tampilan sebagai berikut: Setelah
itu, kita ganti address elements first name
menjadi NAMA, Address Line 1 menjadi ALAMAT dan Address Line 2 menjadi
KOTA.
20. Pada menu selanjutnya menentukan apakah document yang ingin
kita buat mengandung kata kata pembuka. Jika anda tidak menginginkan adanya
kata pembuka, anda cukup menghilangkan semua tanda checklist yang ada pada jendela
dialog.
21. Menu selanjutnya adalah menentukan posisi pada kertas yang
akan dicetak.
22. Menu
selanjutnya adalah mengedit document. Apabila adnda tidak ingin untuk mengedit
document, maka anda cukup klik next.
23. Menu ini adalah menu untuk membuat halaman khusus. Apabila
anda tidak ingin untuk memiliki halaman khusus, maka selanjutnya klik next.
24. Langkah terakhir adalah save document
Tidak ada komentar:
Posting Komentar